Translate

Minggu, 12 Agustus 2018

KONDISI GEOGRAFIS DESA KAPOR


             
Desa Kapor merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Burneh yang mempunyai luas administrasi 125.56  Ha. dengan ketinggian dari permukaan laut 85 mdpl dan terdiri dari 3 dusun yaitu:
1.    Dusun Kapor selatan
2.    Dusun Rabesan
3.    Dusun Kapor utara
Adapun pola pembangunan lahan di Desa Kapor sendiri lebih didominasi oleh kegiatan pertanian komoditas padi, cabe, kacang tanah dan jagung. Namun kegiatan pembuatan kerajinan dilakukan ketika kegiatan menanam tidak begitu padat.Desa kapor termasuk daerah dataran rendah serta memiliki keadaan tanah yang kering dan beriklim tropis sehingga di desa Kapor juga sering  sulit mendapatkan air, hal ini diakibatkan oleh minimnya sumber air yang dapat mengairi lahan yang ada. Sehingga masyarakat desa Kapor kesulitan untuk memproduksi atau menanam padi pada saat musim kemarau karena hampir seluruh lahan atau sawah mengandalkan air hujan.
            Pengolahan lahan di desa Kapor terdiri dari lahan untuk persawahan, lahan untuk tegalan, pemukiman penduduk dan lahan kosong, Karena sebagian besar masyarakat desa Kapor bermatapencarian sebagai petani. Lahan yang paling luas adalah untuk pertanian atau persawahan. Area persawahan  yang ada ditanami berbagai jenis tanaman seperti padi, jagung, kacang tanah, melati dan cabe. Lahan untuk persawahan juga termasuk lahan yang paling luas kedua setelah area persawahan.
Desa Kapor banyak terdapat tanaman bambu yang tumbuh dan dapat ditemui di sekitar rumah warga desa.Namun adanya tanaman ini belum dimanfaatkan secara  maksimal dan belum diolah untuk dijadilkan kerajinan. Adanya lahan kosong digunakan untuk melepaskan hewan ternak warga seperti sapi, kerbau dan kambing agar bisa memakan rumput-rumput dilahan kosong tersebut.
 
 
 
 





 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATA PENCAHARIAN

Secara umum mata pencaharian warga masyarakat desa Kapor dapat teridentifikasi ke dałam beberapa bidang pencaharian seperti : petani, Bu...